04 May 2015

HARDDISK

Kali ini admin akan membagikan artikel tentang apa itu harddisk? sobat pasti tau kan harddisk itu apa? tapi enggak ngerti, sebenarnya pengertian harddisk secara bahasa itu gimana sih? lalu sejarahnya gimana? langsung aja dibaca baik-baik ya gan..

Pengertian

Harddisk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya.
Sejarah
Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Pada tahun 1961, IBM atau disebut International Business Machines menciptakan HDD dengan menggunakkan kepala terpisah di masing-masing komponen data. Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan IBM 3340, yang pertama untuk menggunakan HDD merupakkan sistem disk “Whincester”, yang pertama menggunakan perakitan kepala / disk disegel (HDA).
Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992. Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh.
Komponen hardisk
a. Platter : Berbentuk sebuah Pelat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data.
b. Spindle : suatu poros tempat meletakan platter berfungsi menentukan kualitas harddisk karena makin cepat putaranya,berarti makin bagus kualitas harddisknya.
c. Head : berfungsi untuk membaca data pada permukaan pelat dan merekam informasi ke dalamnya.
d. Logic Board: papan pengoperasian pada hardisk, dimana pada logic Board terdapat BIOS Hardisk.
e. Actuator Axis : poros untuk menjadi pegangan atau sebagai tangan robot agar Head dapat membaca sector dari hardisk.
f. Ribbon Cable : penghubung antara Head dengan Logic Board, dimana setiap dokumen atau data yang di baca oleh Head akan di kirim ke Logic Board untuk selanjutnya di kirim ke Mother Board agar Processor dapat memproses data tersebut sesuai dengan input yang di terima.
g. IDE Conector : kabel penghubung antara hardisk dengan matherboard untuk mengirim atau menerima data.
h. Setting Jumper : untuk menentukan kedudukan hardisk tersebut. Menentukan mana hardisk Primer dan mana Hardisk Sekunder yang biasanya disebut Master dan Slave. Master adalah hardisk utama tempat system di instal, sedangkan Slave adalah hardisk ke dua biasanya dibutuhkan untuk tempat penyimpanan dokumen dan data.
i. Power Conector : sumber arus yang langsung dari power supply
Jenis
Jenis hard disk bermacam-macam, tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data.
1)      ATA
AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghubungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer. ATA singkatan dari Advance Technology Attachment.
2)      SATA
SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Beberapa fitur SATA adalah:
SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.
SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.
Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel Parallel ATA. Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 di antaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.
Cara Kerja
1.    pada saat berhenti head berada diatas piringan hard disk
2.    pada saat diaktifkan piringan hard disk berputar di spindel.Perputaran yang standar ialah 5200rpm-10000rpm,sedangkan yang khusus 7200-1500rpm.
3.    pada saaat berputar sangat cepat head mengembang pada piringan hard disk sedangkan head bergerak ke kiri ke kanan
4.    pada saat mengembang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis
5.    motor spindel berputar berlawanan dengan arah jarum jam
6.    karna perputaran sangat cepat akan mengakibatkan gaya permukaan sehingga head mengambang pada pletter
7.    pada saat komputer/hard disk dimatikan membuat head mendarat /berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : HARDDISK

0 Komentar:

Post a Comment