26 May 2016

Cara Membuat Foto Vintage Menggunakan Photoshop


Pada postingan kali ini, HEXA akan membahas tentang cara membuat foto vintage dengan menggunakan software pengolah gambar Photoshop. Perlu diketahui, Foto vintage adalah foto yang kelihatan antik atau foto jadul. Jadi Tips kali ini akan membuat foto yang sudah modern menjadi kembali pada masa kejayaan kamera analog.

Tutorial membuat foto vintage ini akan dilakukan dengan software Adobe Photoshop CS5. Langsung saja ikuti tutorialnya

Pertama, buka Adobe Photoshop untuk mengedit foto vintage. Kemudian Pilih menu File > Open untuk membuka gambar atau dengan cara singkat tekan Ctrl + O. Disini saya menggunakan foto dari legenda musik Indonesia yaitu om Virgiawan yang dikenal denga nama Iwan Fals.


Kedua, pilih menu Layer > Duplicate Layer (Hotkey : Ctrl + J) untuk menduplikat layer.
Setelah itu pilih create new fill or adjustment layer, lalu pilih Curves.
Ganti option RGB dengan Red, ubah Curve seperti gambar dibawah. Lakukan hal yang sama pada option green & Blue.
Setelah langkah tadi, klik pada Layer 1, lalu pilih menu Filter > Noise > Add Noise. Langkah ini untuk menambah noise / bintik-bintik pada foto agar menambah kesan vintage pada foto. Setelah jendela Add Noise terbuka. Ubah parameter amount menjadi 5%, Distribution : Uniform. Lalu klik Ok,
Langkah terakhir yaitu menambah vignette. Vignette adalah kesan gelap pada daerah pinggir foto. Langkah ini bertujuan sama seperti langkah sebelumnya, yaitu menambah kesan vintage. Pilih menu Filter > Lens Correction. Sesuaikan parameter seperti gambar dibawah. Pada Settingan Vignette, ubah parameter amount menjadi -100. Lalu klik Ok.
Tutorial mengedit foto vintage sudah selesai. Hasilnya seperti gambar dibawah.
 
Dan ini perbandingan sebelum dan setelah diedit.
 
Edit fotomu menjadi vintage dengan mengikuti langkah-langkah tadi. Kamu dapat mengkreasikan hasil editan dengan mengubah nilai parameternya. Sekian dari HEXA, semoga bermanfaat. Bila ada kesulitan, silakan bertanya di komentar.


TAG : Edit foto vintage photoshop, tutorial edit foto vintage, efek vintage photoshop cs5, cara membuat efek vintage di photoshop cs 5, tutorial membuat foto vintage dengan photoshop

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Foto Vintage Menggunakan Photoshop

0 Komentar:

Post a Comment