Jumlah yang fantastis, terutama untuk layanan yang baru berumur tiga tahun. Bisa dikatakan Instagram datang pada waktu yang tepat, dimana pengguna smartphone makin banyak dan aktif. Sementara pada saat itu, belum ada aplikasi berbagi foto yang dominan.
Instagram diluncurkan pada tanggal 6 Oktober 2012 untuk platform iOS. Penggunanya tumbuh dengan sangat cepat. Dalam waktu
kurang dari tiga bulan, sudah ada satu juta pengguna aktif Instagram. Begitu besarnya pertumbuhan dan dominasi Instagram di area mobile, Facebook yang saat itu kurang bisa memasuki pasar perangkat mobile dengan mulus akhirnya memutuskan membeli Instagram dengan harga yang fantastis.
Saat ini, Instagram tetap menjadi aplikasi berbagi foto paling populer. Bahkan penulis banyak menjumpai beberapa rekan yang hanya menginstal aplikasi Instagram di smartphone-nya, tidak pernah menggunakannya. Mereka merasa Instagram adalah aplikasi yang mesti pertama di instal, butuh atau tidak, itu masalah nanti.

Pertumbuhan Tinggi

Sebagai perbandingan, pada bulan Juni lalu pengguna aktif bulanan Instagram sebanyak 130 juta. Dan pada Februari, pengguna aktif bulanan ada di angka 100 juta. Pertumbuhan penggunanya makin cepat dari bulan ke bulan.
Pada April lalu, hampir setengah penggunanya berasal dari sistem operasi Android. Jumlah ini termasuk tinggi, mengingat Instagram versi Android baru diluncurkan setahun lalu, pada April 2012.

Video di Instagram
1 - pull from library tile
Saat ini tidak hanya fitur berbagi foto yang didukung oleh Instagram. Dua bulan lalu, dukungan untuk upload dan memainkan video baru saja ditambahkan. Video yang diupload memiliki batasan durasi sebesar 15 detik.