16 February 2014

Perkembangan Sosial Media Online

Bersosialisasi adalah hakekat dan sebuah kebutuhan bagi manusia yang sangat dasar. Seiring dengan berkembangnya zaman, cara – cara dan media bersosialisasi semakin beragam. Pesatnya perkembangan sosial medi kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan sosial media online. Seorang pengguna sosial media bisa mengakses menggunakan sosial media jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Ini disebabkan karena majunya teknologi menciptakan suatu budaya baru yang lebih mengedepankan kepraktisan dan kecepatan. Akhirnya, diciptakanlah suatu media bersosialisasi yang ditujukan untuk memenuhi keinginan setiap manusia yang praktis. Terciptalah yang sekarang dikenal dengan sosial media online. Bukan hanya komunikasi satu arah, namun komunikasi pun dapat dilakukan dengan dua arah bahkan berkelompok

Media sosial atau sosial media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Sosial media mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :
  1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
  2. Pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
  3. Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya.
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Dari sinilah kita ketahui, bahwa sosial media online telah menyebabkan perubahan pola hidup manusia yang begitu spesifik. Kepraktisan – kepraktisan yang disediakan seiring majunya teknologi bisa dikatakan menghapus sebagian budaya tradisional manusia. Pola bersosialisasi yang seakan sudah tidak mementingkan lagi kegiatan bersilaturahmi secara langsung atau bertatap muka.

Waktu terus berlalu, manusia semakin berpikir dan terus berpikir untuk menciptakan sosial media online dengan tujuan agar lebih cepat, mudah dan praktis. Akhirnya dengan pemikiran seperti itu, terciptalah sosial media online yang pertama yaitu sixdegree.com pada tahun 1997. Namun, karena kebutuhan manusia akan berinteraksi dengan orang lain yang semakin meningkat dan lebih mementingkan keefisienannya maka terciptalah sosial media selanjutnya yaitu Friendster pada tahun 2002. Dan setelah berkembangnya Friendster, maka semakin banyak sosial media lain yang bermunculan. Seperti, MySpace (2003), Facebook (2004), Twitter (2006), Wiser (2007), dan media sosial lainnya yang aplikasinya berasal dari android. 

Dewasa ini jenis sosial media online yang berkembang di masyarakat cukup banyak. Jenis – jenis sosial media yang berkembang saat ini antara lain Facebook, Twitter, Google+, Blogger, dan lain – lain. Dan yang paling berkembang dan berpengaruh di dunia adalah Facebook dan Twitter. Apa yang disampaikan dalam sosial media memberikan efek kekuatan (power) tersendiri karena basis pembangunannya berupa teknologi dan juga berbagai media interaksi yang dikomunikasikan dalam teks, gambar, audio, maupun video. Dan sosial media yang memang ditujukan untuk terus terkoneksi, berkomunikasi bahkan saling berbagi (sharing).

Saat ini teknologi internet dan mobile phone (telepon genggam) semakin maju yang mengakibatkan sosial media pun ikut tumbuh dengan pesat. Saat ini untuk mengakses Facebook atau Twitter bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang yang mengakses sosial media mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi. Tidak hanya terjadi di negara – negara maju tetapi juga terjadi di negara kita, Indonesia. Kecepatannya arus sosial media tersebut mulai menggantikan peranan media massa konvensional / tradisional dalam menyebarkan berita – berita. Tambahan pula, tarif internet saat ini sudah sangat terjangkau bagi penggunanya. Perusahaan telekomunikasi berlomba – lomba untuk menyajikan tarif internet termurah dengan layanan terbaik sehingga sebagian besar masyarakat sudah berlangganan internet. Internet saat ini merupakan teknologi yang telah menjadi kebutuhan banyak orang.

Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial tersukses dan paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia di dunia. Karena jejaring sosial ini sangat mengutamakan kebebasan antar pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain walaupun jaraknya jauh. Berinteraksi dengan orang lain yang beda kabupaten, berinteraksi antar kota, antar provinsi bahkan antar negara sekalipun. Lalu siapa yang menciptakan sosial media online secanggih ini? Facebook diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Mark Zuckberg pada tahun 2004. Bukan hanya mengandalkan kemampuan bercakap – cakap, Facebook juga memudahkan penggunanya untuk berkirim foto, video, notes, dan lain – lain. Yang menghasilkan fungsi Facebook itu sendiri bukan hanya sebagai media bercakap – cakap, tapi menjadi media sosial yang mencakup semua fungsi – fungsi yang dibutuhkan seperti terciptanya Online Shopping Via Facebook. Untuk pengguna Facebook secara menyeluruh diperkirakan mencapai 250.000.000 akun. Beberapa tahun ini Facebook mengalami kemunduran karena beberapa hal sebagai berikut :
  1. User yang berlebihan dan penggunaan akun ganda.Semakin terkenalnya Facebook di kalangan masyarakat membuat semua kalangan dari usia dini bahkan bisa dikatakan sangat dini sampai usia lanjut memiliki akun Facebook. Ini membuat server Facebook semakin penuh. Sedangkan kian marak akun – akun yang tidak jelas. Banyak kasus user yang membuat sebuah akun namun ditinggalkan begitu saja atau suatu user yang memiliki akun lebih dari satu. Ini mdnyebabkan pengguna Facebook di Indonesia telah mencapai 43.060.000 pengguna pada tahun 2010.
  2. Banyaknya pengguna palsu.Tingkat kemudahan untuk membuat akun Facebook mengakibatkan beberapa dampak negatif. Data user yang sangat mudah untuk dipalsukan, membuat semakin meningkatnya tingkat kejahatan secara drastis
  3. Tergantikan oleh sosial media lain yang dirasa lebih simpel. Beberapa kemajuan fungsi Facebook, kini dirasa malah membuat kepraktisan Facebook sendiri berkurang. Satu halaman Facebook memiliki size yang cukup berat untuk diakses terutama dengan internet yang seadanya. Sehingga jika kita membuka akun Facebook, kita akan menunngu (loading) yang cukup lama. 

Twitter

Jejaring sosial yang pertama kali muncul pada tahun 2006 ini benar – benar pesat dalam berkembangannya. Selain Facebook, Twitter juga termasuk salah satu jejaring sosial paling populer dan paling berpengaruh di dunia. Twitter diciptakan oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone pada Maret 2006. Twitter mempunyai kelebihan dari Facebook yaitu setiap user hanya bisa menggunakan satu username yang tidak bisa diganti. Hal ini memudahkan pengguna untuk menemukan pengguna lain dengan mudah. Twitter memiliki size yang tergolong sangat ringan yang membuat Twitter bisa diakses dari telepon genggam berkoneksi internet lemah sekalipun. Dalam memposting sesuatu, Twitter menggunakan batas karakter yang hanya bisa memuat 140 karakter. Hal ini membuat timeline Twitter lebih simpel. Pengguna Twitter biasanya hanya memposting sesuatu yang dirasanya penting / hanya perasaan hati saja. Kelebihan Twitter yaitu antar penggunanya tidak harus saling follow seperti Facebook. Hal ini membuat orang lain bisa melihat / mengikuti / berlangganan posting kita (follow) tanpa kita sendiri harus memfollow pengguna itu juga. Keaslian akun Twitter lebih terjamin. Hal inilah yang membuat Twitter lebih banyak digunakan oleh kalangan public figure / kalangan menengah ke atas. Seperti selebritis, politisi, atlet, official, bahkan presiden pun ikut serta menggunakan akun Twitter.

Salah satu kelebihan Twitter yang lain adalah sedikit sekali memuat iklan. Dan produk yang diiklankan hanyalah produk – produk ternama dan terjamin di dunia. Iklannya pun hanya terdiri dari 1 atau 2 kalimat dan biasanya disertai link iklan tersebut jika ingin tahu lebih lanjut, tidak dipaparkan langsung di Twitter.

Twitter memiliki pengguna sebanyak 80.500.000 akun. Sedangkan, jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19.500.000 pengguna pada tahun 2010. Jumlah tersebut menempati posisi kelima dunia setelah Amerika Serikat (sekitar 107.000.000 pengguna), Brasil (33.000.000 pengguna), Jepang (29.000.000 pengguna), dan Inggris (24.000.000 pengguna).

Dari sinilah kita ketahui bahwa sosial media menjadi suatu kebutuhan yang vital dan penting bagi masyarakat khususnya kalangan muda. Sosial media bersifat bebas, tanpa aturan, dan tidak terkontrol. Akibatnya, sosial media tersebut banyak disalah gunakan. Sosial media ini seperti pisau bermata dua, jika kita dapat menggunakannya dengan baik maka kita akan selamat, namun jika kita menggunakannya dengan tidak baik maka kita akan celaka.

Itulah ulasan singkat dari perkembangan sosial media, kunjungi terus hexablog

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perkembangan Sosial Media Online

0 Komentar:

Post a Comment