22 February 2014

Mengetahui Istilah URL, Domain name, & Website


Untuk memahami tentang akses internet. Anda perlu mengenal istilah dalam akses internet tersebut seperti: URL, Domain Name, dan Website. Untuk lebih jelas tentang URL, Domain Name, dan Website, Info Hexa akan memberikan informasi tersebut.

URL (Uniform Resource Locator)


Untuk dapat mengakses suatu data/file di internet, agan perlu memahami pengertian istilah URL. Apa itu URL? URL (Uniform Resource Locator) dapat diartikan sebagai alamat suatu file di internet. Dengan kata lain, URL adalah sistem pemberian nama alamat Website. File tersebut dapat berupa file halaman web (*html,htm,dan lain-lain), file gambar (*jpg, *jpeg, *bmp, *png, *gif, *raw, dan lain-lain), ataupun tipe file lain.


Bagaimanakah format penulisan URL yang lengkap? Bentuk tulisan URL yang lengkap adalah sebagai berikut

Protokol://nama_host.domainlevel2.domainlevel1/nama_direktori/nama_file

Contoh URL yang lengkap adalah 
http://www.itb.ac.id/pascasarjana/syarat_pendaftaran.ht

Penjelasan : 

Protokol yang digunakan : http
Nama nama host : www
Nama domain level kedua : itb
Nama domain level pertama : ac.id
Nama directory : pascasarjana
Nama file : syarat_pendaftaran.htm


Untuk mengakses suatu file di internet, URL tersebut agan ketikkan di adress bar pada browser yang agan gunakan (misalnya Firefox, Opera, Internet Explorer, dan Google Chrome) kemudian klik tombo Go. Jika URL yang agan ketik hanya berisi protokol dan nama domain, maka halaman web yang tampil merupakan Homepage (halaman utama) situs tersebut. Misal URL yang agan ketik adalah http://www.yahoo.com, maka tampilan halaman web yang terbuka beberapa saat kemudian adalah homepage domain yahoo.com. Pada browser sekarang, protokol http dianggap sebagai protokol standar sehingga boleh untuk tidak dicantumkan pada saat menulis alamat di address bar untuk mengaksesnya. Jadi agan tidak perlu repot untuk menulis http:// pada setiap URL yang agan tulis.


Contoh URL http://www.facebook.com

Domain Name


Domain Name mengacu pada sistem penamaan alamat internet protokol, sedangkan URL adalah sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses suatu file internet. Sebagai contoh domain name untuk situs www.yahoo.com adalah yahoo.com, sedangkan alamat URL untuk homepage yahoo.com adalah http://www.yahoo.com

Website, Homepage, dan Webpage

Website (situs web) adalah keseluruhan isi web server yang dimiliki oleh seorang atau lembaga tertentu. Website bisa diibaratkan sebagai sebuah buku yang terdiri dari halaman-halaman tertentu, termasuk cover, daftar isi, dan sebagainya.
Homepage adalah halaman depan atau halaman utama sebuah website. Bisa diibaratkan sebagai cover sebuah buku, atau ruang tamu sebuah rumah.


 Contoh Homepage gmail.com


Webpage adalah halaman tertentu yang terdapat disebuah website. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, maka satu webpage bisa juga disebut satu file HTML. File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan diakses oleh internet.
Itulah ulasan singkat dari Info Hexa tentang URL, Domain Name, dan Website. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengetahui Istilah URL, Domain name, & Website

0 Komentar:

Post a Comment