19 March 2014

Cara Mengatasi Smartphone yang Terendam Air



Sekarang sedang musim hujan. Karena itu, semua orang disana kini sedang sibuk menyelamatkan barang – barangnya jika kehujanan. Tidak sedikit juga perangkat Gadget yang terkena air bahkan terendam kedalamnya. Jika Smartphone agan adalah Xperia Z, tentu bukan masalah. Namun jika smartphone agan tidak dilengkapi anti air, tentu masalah bukan. Untuk itu kali ini Hexa akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara mengatasi apabila Smartphone, atau perangkat Gadget anda mengalami kejadian serupa, ini dia tipsnya :
  1. Ambil perangkat dari dalam air. Meski terlihat tertutup, namun sebenarnya air bisa saja dengan mudah masuk ke dalam perangkat anda. karena itu jika perangkat anda terjatuh kedalam kubangan air, segera keluarkan dan langsung matikan perangkat untuk mencegah konsleting. Jangan nyalakan perangkat anda sebelum dikeringkan.
  2. Segera keringkan perangkat anda, kemudian lepas semua cover dan baterai. Proses pengeringan adalah proses yang paling penting. Terdapat berbagai komponen penting di dalam perangkat Gadget yang dapat selamat meskipun terkena air, asalkan tidak mendapatkan aliran listrik dari baterai. Untuk memeriksa apakah ada komponen yang rusak akibat terkena air, periksalah pojok – pojok disekitar tempat baterai. Akan terdapat lingkaran atau kotak kecil berwarna putih, jika area tersebut berubah warna menjadi pink atau merah, berarti ada kerusakan akibat rembesan air terhadap komponen perangkat anda.
  3. Keluarkan kartu SIM dan Memory card. Data dan informasi yang terdapat didalam SIM Card dan Memory Card kadang lebih penting dibandingkan Perangkat itu sendiri. Meski kedua komponen tersebut relatif tahan terhadap air, sebaiknya segera dilepas dan di keringkan untuk mencegah timbulnya korosi pada bagian kotak konektor.
  4. Lepaskan semua aksesoris. Berbgai aksesoris dapat menghambat proses pengeringan . segera lepas semua aksesoris seperti headset atau headphone, termasuk cassing pun ikut dilepas agar proses pengeringan perangkat dapat lebih maksimal.
  5. Keringkan dengan Penyedot Debu ( Vacuum Cleaner ). Untuk mempermudah mengeringkan air pada baian dalam perangkat anda dapat menggunakan alat bantu seperti mesin penyedot debu atau Vacuum Cleaner. Arahkan ujung penyedot debu ke berbagai sudut dari perangkat kurang lebih sekitar 20 – 30 menit. Namun jangan mengarahkan ujung Vacuum Cleaner terlalu dekat karena alat tersebut mengandung aliran listrik dan sangat berbahaya bagi komponen perangkat bahkan lebih berbahaya dari air sekalipun. Jangan gunakan pengering rambut atau Hair Dryer atau benda apapun yang sifatnya meniupkan aingin, meski disetting ke posisi dingin alat – alat tersebut tetap dapat mendorong air dan meningkatkan tingkat kelembaban lebih jauh ke dalam ponsel sehingga berpotensi memperparah kerusakan.
  6. Keringkan dengan menggunakan bahan yang bersifat menyerap air. Anda dapat memasukkan perangkat anda kedalam semangkuk beras. Pastikan perangkat tersebut terendam beras dan biarkan selama satu malam. Atau anda juga dapat menggunakan Silica gel atau penyerap kelembaban lainnya. agar lebih efektif putarlah posisi perangkat anda setiap beberapa jam sekali agar tidak ada air yang masih tergenang didalamnya.
  7. Nyalakan perangkat anda. Setelah perangkat anda benar – benar kering pasangkan kembali baterai, SIM Card dan Memory Card dan berbagai aksesoris perangkat tersebut. kemudian nyalakan perangkat anda. jika perangkat anda tidak mau menyala, coba sambungkan perangkat anda dengan adaptor Charger, jika proses ini berhasil mungkin baterai perangkat anda mengalami kerusakan. Namun jika cara ini masih tidak berhasil segera bawa perangkat anda ke Service Center terdekat agar segera di tangani oleh pihak yang lebih professional.
Itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi smartphone yang terendam air. semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Smartphone yang Terendam Air

1 Komentar: