01 June 2016

Tips Mengedit Foto menjadi Jadul

Fotografi sekarang telah berkembang pesat. Yang semula memakai film untuk menangkap gambar. Sekarang berkembang menjadi sensor digital. Kualitas gambar yang dihasilkan pun sekarang jauh lebih baik. Sejak kamera digital merajarela, kamera analog sekarang mulai ditinggalkan.

Dulu, sewaktu memakai kamera analog. Banyak gambar yang telah dibidik hasilnya tidak sempurna. Mulai dari goresan pada film, film terbakar sampai gambarnya tidak dapat terbaca. Oleh karena itu, banyak fotografer yang hijrah ke kamera digital untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Sekarang, hal tersebut sudah jarang ditemui pada era digital.

Namun, akhir-akhir ini. Kejadian tersebut malah terbalik. Banyak orang-orang yang malah membuat fotonya terkesan menjadi foto lawas atau foto jadul. Hal ini mungkin terjadi karena kekhasan yang dibuat oleh kamera analog yang tidak dapat ditiru oleh kamera digital. Seperti efek vintage, retro, lomo, dll

Oleh sebab itu, kali ini HEXA akan memberikan tutorial tentang mengedit foto agar terkesan lama / jadul.  Alat tempur yang digunakan adalah Adobe Photoshop degan tambahan plugin Nik Collection.

Langsung saja, buka Adobe Photoshopnya, disini HEXA menggunakan Adobe Photoshop CS6 Portable. Pastikan Plugin Nik Collection telah diinstal. Bagi yang belum mempunyai Nik Collection dapat mendownloadnya disini. Mengapa memakai Nik Collecion? Karena, Nik Collection memiliki banyak efek yang dapat diterapkan di sebuah foto.

Pilih menu File > Open untuk membuka gambar yang akan diedit. Disini HEXA menggunakan foto perahu di Pantai Teluk Penyu Cilacap dengan latar belakang Pulau Nusakambangan.

Setelah foto terbuka, pilih menu Filter > Nik Collection > Analog Efex Pro 2. Tunggu beberapa saat.
 
Setelah terbuka, terdapat 3 panel di Analog Efex Pro 2. Disebelah kiri adalah daftar efek yang dapat digunakan. Ditengah adalah preview gambar dengan efek yang diterapkan. Serta disebelah kanan adalah pengatur efex yang diterapkan. Jadi pertama kali adalah memilih efex yang diinginkan. HEXA menggunakan efek Classic Camera 9. Setelah itu atur efek tersebut di panel sebelah kanan. Kunci dari proses editing ini yaitu kreativitas. Setelah selesai berkreasi. Klik OK.
 
Tunggu beberapa saat. Dan Fotomu akan berubah seperti efek pada kamera lama.
Ini perbadingan sebelum dan sesudah diedit.
Berikut beberapa contoh lain yang HEXA buat
Foto SMA Negeri 2 Purwokerto
Foto Bukit Tranggulasih, Desa Windujaya, Kedung Banteng, Banyumas.
Foto Sendang Bidadari / Curug Lawang, Desa Karang Salam, Baturaden, Banyumas
Itulah cara mengedit foto menjadi lama dengan photoshop dan teruslah berkarya. Semoga bermanfaat

TAG : Edit foto menjadi lama, Edit foto lama, Tutorial edit foto lama

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengedit Foto menjadi Jadul

0 Komentar:

Post a Comment