16 June 2016

Mengetahui Alasan Kalimat Aneh Yang Terlihat Pada Penginstallan Font

Kita pasti pernah menginstal font. Entah untuk keperluan desain grafis atau yang lain. Kalimat legend yang ada disaat kita menginstal font pasti kita baca. Kalimat tersebut berbunyi “The Quick Brown Fox Jump Over The Lazy Dog” yang atrinya Rubah Coklat yang Cepat melompati anjing malas. Adakah yang bertanya-tanya apa arti kalimat tersebut.

Disini Hexa akan mengulas alasan kalimat “The Quick Brown Fox Jump Over The Lazy Dog”. Kalimat Tersebut bukan kalimat asal-asalan namun kalimat itu memiliki makna.
Mari kita mulai dari huruf pertama pada Alfabet (A). Dikalimat “The Quick ........... Lazy Dog”. Huruf A terletak pada karakter kedua kata “Lazy”. Selanjutnya huruf B. Huruf B terletak pada kata Brown. Apakah ini sebuah kebetulan? Kurasa Tidak. Mari kita gali lebih dalam.




Huruf C. Huruf C terletak pada kata Quick dan seterusnya sampai dengan huruf Z yang berada pada kata Lazy. Dengan Pembahasan tadi, dapat disimpulkan bahwa kalimat “The Quick Brown Fox Jump Over The Lazy Dog mengandung semua alfabet.

Lalu, apa hubungannya rubah cokelat dan  anjing malas dengan computer kita? Sebenarnya memang tidak ada hubungan rubah cokelat dengan Komputer. Kalimat tersebut merupakan pangram terkenal di dunia. Pangram adalah kalimat yang menggunakan semua huruf dalam suatu aksara paling tidak satu kali.



Tujuan penggunaan pangram pada font di computer adalah untuk menampilkan semua huruf secara lengkap. Dengan kalimat aneh tadi, kita bisa melihat huruf A sampai Z dengan menggunakan suatu font yang dicontohkan. Jadi, kalimat “The Quick Brown Fox Jump Over The Lazy Dog” bukan sekedar kalimat asal-asalan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengetahui Alasan Kalimat Aneh Yang Terlihat Pada Penginstallan Font

0 Komentar:

Post a Comment